PanjiINDONESIA | PRABUMULIH  — Pemilihan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Prabumulih secara resmi telah diumumkan oleh Panitia Penjaringan Calon. Jadwal Musawarah Kota (Musorkot) KONI Kota Prabumulih akan digelar pada 28 Juli 2021. Sehari pembukaan pendaftaran, tercatat sudah 2 Orang Kandidat Ketum KONI Prabumulih yang mengambil Formulir.

“Sementara baru 2 Orang. Kemudian ada Edi Hermanto, lalu menyusul kemudian Arafik Zamhari,” ujar Wakil Ketua Panitia Penjaringan Calon Ketum KONI Prabumulih, Rusli Siregar.

Rusli menjelaskan, pengambilan formulir dibuka sejak Kamis (23/07/2021) hingga kemarin Senin 26 Juli 2021. Untuk Musorkot, kata Rusli bakal digelar di Grand Nikita Hotel sesuai jadwal mulai Pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Adapun syarat Bakal Calon Ketum KONI Prabumulih periode 2021-2025 menurut Rusli telah di kirimkan kepada Peserta Musorkot dan secara resmi telah diumumkan di Media Cetak terbitan 23 Juli 2021. Syarat yang dimaksud lanjutnya adalah Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP serta berdomisili di Kota Prabumulih. Pendidikan paling rendah SMA Sederajat. Masyarakat Umum yang tidak sedang menduduki Jabatan Publik dan Struktural pada Instansi Pemerintah terkecuali mendapat dukungan Penuh dari Peserta Musorkot.

Kemudian syarat lainnya ialah, memperoleh rekomendasi tertulis oleh minimal 30% pengurus Cabor yang memiliki SK dan dibubuhi tandatangan dan CAP oleh Ketua dan Skretaris. Calon Ketua KONI Prabumulih tidak sedang dalam status sebagai tersangka suatu perkara hukum. Lalu Calon diwajibkan membuat pernyataan tertulis bermaterai 10000 tentang surat dukungan dari Pengurus Cabor, Kesedian mencalonkan diri, menyampaikan visi misi, siap mentatati AD/ART dan PO KONI, Kesanggupan menjadi pengayom, Daftar Riwayat singkat, Serta melampirkan surat keterangan berbaan sehat dari RSUD.

Sementara itu, Arafik Zamhari yang terlihat mengambil formulir pendaftaran calon ketum KONI Prabumulih mengaku siap maju sebagai calon ketua pada ajang Musorkot KONI Prabumulih 28 Juli 2021.

Mantan Ketua DPD KNPI Prabumulih mengatakan, pencalonnya telah mendapat dukungan tertulis lebih dari 30 % pemilik suara dalam Musorkot.

“Dalam visi dan misi telah kita tuangkan sejumlah program mewujudkan olahraga Prabumulih yang Berprestasi. Salah satunya memperkuat sinergi baik antar pengurus, insan olahraga, maupun pemerintah kota. Lalu Membuat perencanaan pola pemberdayaan olahraga prestasi. Menetapkan cabang olahraga (cabor) prestasi yang menjadi prioritas,” ujar Arafik, yang juga Ketua Cabor Hockey Prabumulih ini.

Lebih lanjut Rafik menuturkan, jika dirinya diberi amanah, maka akan segera melakukan pembinaan atlet secara terprogram serta menggelar try in dan try out. Meningkatkan kualitas pelatih. Menjalin kerja sama dengan dunia usaha baik BUMN maupun BUMD dan perusahaan swasta lainnya dalam Kota Prabumulih untuk menjadi bapak angkat Cabang Olahraga.

“Kemudian yang tidak kalah penting, menyelenggarakan multi event tingkat regional dan nasional. Mengupayakan dan meningkatkan sarana dan prasarana cabang olahraga setiap cabang olahraga yang ada di kota Prabumulih. Lalu, Membuat pusat informasi olahraga prestas, melakukan supervisi, evaluasi, monitoring dan pelaporan, serta pengendalian pemberdayaan olahraga prestasi,” paparnya.

Menurut Rafik, atlit asli Kota Prabumulih memiliki potensi, jika dikelola dengan baik dan benar. “Untuk itu Saya bertekad, ke depan KONI dapat berbenah dan Prabumulih menorehkan prestasi, sebab Prabumulih Bisa. Bisa bersaing, bisa berprestasi dan Bisa Juara” pungkas Pimred Prabumulih Pos itu.

TEKS/FOTO : Irwansyah (KABARSUMATERA.COM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here