26 C
Palembang
Jumat, Februari 26, 2021

Ski Air Pertama Dipertandingan pada Porprov

PANJI INDONESIA | OKU — Sekretaris Umum Pengprov PSAWI (Persatuan Ski Air dan Wake board Indonesia) Sumsel, Lidayanto MSi bersyukur akhirnya cabang olahraga ski air bisa dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan (Porprov Sumsel) XIII Tahun 2021 di Kabupaten OKU Raya pada November mendatang.

“Kita bersyukur Alhamdulillah untuk pertama kalinya cabang ski air ini dimasukkan dalam event Porprov KONI Sumateta Selatan sebagai ajang multi event sport di tingkat Provinsi,” kata Sekum di Palembang, Kamis.

Lebih lanjut dia mengatakan, bersamaan dengan Ski Air, cabor Drumb Band juga lolos verifikasi sehingga dipertandingkan pada Porprov nanti.

Jadi sejak PSAWI ini berdiri di tahun 2003, baru pada 2021 ini dipertandingkan dalam event Porprov dalam rangka menjaga tradisi emas dan pencarian bibit-bibit baru.

Dia mengatakan, pihaknya memperjuangkan cabang olahraga air tersebut dan ternyata berhasil.

Memang cabang olahraga rutin menyumbang emas itu diperjuangkan oleh kepengurusan PSAWI Sumsel masa bakti 2020-2024 sehingga dipertandingkan pada Porprov, kata Lida Yanto yang juga pengurus KONI Sumsel itu.

Menurut dia, memang selama ini dinilai belum memenuhi persyaratan dasar yang ditentukan oleh KONI Sumateta Selatan. Yaitu setiap Pengprov cabor harus memiliki 70 persen perwakilan di tingkat kabupaten/kota.

Dengan ikut sertanya ski air di ajang Porprov ini, dirinya berharap akan terjaring atlet-atlet lokal dari setiap kabupaten kota yang siap untuk dibina lebih lanjut menjadi atlet berprestasi, kata politisi Partai Golkar itu.

Dengan dipertandingkan cabang olahraga tersebut tentu akan memacu Pengprov PSAWI untuk terus menaikkan atlet-atlet lokal dari kabupaten/kota yang dibina nantinya menjadi atlet nasional, kata dia.

Mengenai latihan sendiri
direncanakan para atlet ski air ini terpusat di venue Danau Teluk Gelam OKI dan Danau Jakabaring Sport City Palembang.

Cabang Olahraga ski air sendiri pada Pra PON menuju PON Papua 2021 mendatang telah meloloskan ada 3 atlet dan 1 pelatih.

Atletnya antara lain ada Indra kelas slalom (peraih emas PON Jabar), Dasti kelas slalom, Deriano Budiman kelas wake board.

Seperti diketahui Pekan Olahraga Provinsi (Porprov Sumsel) XIII Tahun 2021 yang akan diselenggarakan di Kabupaten OKU Raya dan Opening dan Closing Ceremony Porprov XIII yang Digelar di OKU Selatan.

Kabupaten OKU dijadwalkan menghelat 13 cabor di Kota Baturaja, antara lain Renang, Kempo, Wushu, Panahan, Tenis Lapangan, Bulutangkis, Basket, Futsal, Tinju, Tenis Meja, Sambo, Bola Tangan dan Woodball.

Sementara Kabupaten OKU Selatan menggelar 10 cabor, yakni Voli Pantai, Balap Sepeda, Motor Race/Balap Motor, Dayung, Karate, Panjat Tebing, Biliar, Taekwondo, Sepatu Roda dan Arung Jeram.

Sedangkan OKU Timur juga menggelar 10 cabor antara lain, Atletik, Pencak Silat, Sepakbola, Voli Ball, Catur, Sepak Takraw, Senam, Menembak, Bridge dan Muaytai.

Related Articles

BERITA LAINNYA