‘Ladang Jiwa’ Laksmi Shitaresmi di atas Kanvas

Gaya Hidup, Kota, Nasional, Seni
Karya-karya Laksmi masih bercerita tentang pengalaman hidupnya sehari-hari, bagaimana membesarkan buah hatinya dengan penuh kasih sayang, kesabaran dan tanggung jawab.

PANJI-INDONESIA | YOGYAKARTA – Pameran Tunggal Laksmi Shitaresmi yang bertajuk ‘Ladang Jiwa’ di buka oleh Dr. KH. Fahmi Akbar Idris, Selasa, 29 Desember 2020, pukul 19.30 wib, menampilkan 20 karya potret diri dengan sentuhan drawing menggunakan pencil dan direspon sketsa menggunakan tinta china. Pameran yang dikuratori A. Anzib, berlangsung di Pendhapa Art Space Yogyakarta, 29 Desember 2020 – 12 Januari 2021.

Karya-karya Laksmi masih bercerita tentang pengalaman hidupnya sehari-hari, bagaimana membesarkan buah hatinya dengan penuh kasih sayang, kesabaran dan tanggung jawab.

Suka duka begitu tampak dari beberapa potret diri yang dengan teknik drawingnya. Kebahagiaan menikmati setiap proses yang dilaluinya memberikan energi kuat, dalam garis menjalani hidup.

Laksmi Shitaresmi kedua dari kiri

“Saya selalu menyempatkan untuk terus berkarya, sebagai keseimbangan dan kebutuhan berekspresi. Walau begitu keluarga adalah paling utama, anak-anak masih sangat butuh perhatian,” kata Laksmi yang dihubungi via telpon, 9/01/2020.

Laksmi menjelaskan bahwa, setiap peristiwa yang membekas hanya diselami oleh jiwa, sehingga karya-karya terus terlahir menjadi imajinasi dan inspirasi seperti ladang, judul karyanya pun Ladang Jiwa 1-20. Kali ini saya menampilkan karya drawing dengan coretan spontan, pungkasnya.

Ladang jiwa #8, pencil dan tinta China di atas kertas A3, 2020

Sementara Anzib dalam kuratorialnya menuliskan, “Pada pameran tunggal kali ini, Laksmi Shitaresmi yang memiliki empat putri, hanya memamerkan sketsa yang dikombinasikan dengan drawing di atas kertas berukuran A3. Karya-karyanya ini dikerjakan secara spontan, tidak seperti karya seperti karya-karya sebelumnya yang detail dengan arsiran. Seakan menggambarkan sepotong pengalaman hidupnya lewat garis.”

Ladang jiwa #7, pencil dan tinta China di atas kertas A3, 2020
Ladang jiwa #7, pencil dan tinta China di atas kertas A3, 2020

Meskipun di masa pandemic covid 19, para pengunjung pameran tetap banyak, selalu ada yang datang setia harinya dan tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak. Hal ini diuangkapkan manajemen Pendhapa Art Space.*)

TEKS / FOTO : KABARSUMATERA.COM / JAJANG KAWENTAR

Tinggalkan Balasan